Standar Gaji Pramugari Di Dunia Penerbangan
Sepeti apa sebenarnya standar
gaji pramugari pramugara di dunia penerbangan? Jika Anda sedang
mempertimbangkan karir sebagai pramugari (Flight Attendant), Anda mungkin
bertanya pada diri sendiri, “Berapa banyak gaji pramugari?”
Dalam era kenaikan biaya bahan
bakar yang tinggi, tiket pesawat murah dan merger maskapai penerbangan,
pertanyaan ini adalah tetap relevan seperti biasa. Sebagaimana airlines berjuang
untuk tetap bertahan dan mencari efisiensi selama masa ekonomi sulit, gaji
pramugari pramugara telah merasakan perubahan sebagaimana perusahaan
penerbangan berusaha untuk memangkas beban di semua aspek bisnis mereka.
Terlepas dari masa ekonomi penuh
tantangan bagi industri penerbangan, sebagian pramugari mendapatkan gaji yang
kuat di kisaran Rp 168.000.000,00. Jika Anda mempertimbangkan karir di udara,
ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi standar gaji pramugari pramugara.
Tidak seperti profesi lain, upah per jam untuk pramugari hanya satu bagian
kecil dari keseluruhan daftar gaji.
Gaji Pokok
Seperti profesi lain, pramugari
mendapatkan gaji yang lebih rendah pada awal karir mereka dan bekerja dengan
cara mereka sampai mendapat kenaikan gaji yang lebih tinggi.
Check-in / Check-Out
Sebuah hal utama bagi kebanyakan
pramugari adalah check-in / check-out. Meskipun maskapai penerbangan akan
mengharapkan Anda untuk menjadi yang menjalankan tugas pramugari di pesawat dan
siap untuk pengarahan keselamatan dan pelayanan, satu jam sebelum keberangkatan
pesawat, Anda akan dibayar 15 menit sebelum penerbangan dan 15 menit
pasca-penerbangan. Namun, beberapa maskapai penerbangan memperpanjang
pembayaran untuk 30 menit setelah kedatangan penerbangan.
Tunjangan Harian (Per Diem)
Sebagian besar dari gaji
pramugari pramugara adalah kompensasi untuk makan ketika bermalam di hotel atau
ketika makanan tidak diberikan di pesawat. Hal ini sering disebut sebagai ‘per
diem. “per Diem bervariasi tergantung pada lamanya tinggal atau’ singgah ‘di
sebuah hotel. Misalnya, di dalam negeri singgah untuk 12 jam, pengeluaran Anda
akan jauh lebih rendah dari pada singgah Internasional 24 jam atau lebih.
Karena singgah di dalam negeri membutuhkan sarapan dan / atau makan siang
dengan pengeluaran akan jauh lebih rendah untuk jenis penerbangan ini.
Singgah selama 24-jam di luar
negeri dengan dua sarapan, satu makan siang dan makan malam biaya dikeluarkan
lebih dari siklus terbang yang mencakup jumlah makan lebih sedikit.
Tergantung pada sistem maskapai
penerbangan, nilai mata uang lokal juga berdampak terhadap per Diem. Ketika
nilai tukar yang ada diperhitungkan, penerbangan ke negara dengan mata uang
kuat lebih menguntungkan. Penerbangan internasional ke negara-negara dengan
mata uang tinggi adalah pilihan yang lebih disukai pramugari yang ingin
menambah pendapatan mereka.
Bonus lain? Di Kanada dan di
Amerika Serikat, makan tunjangan umumnya bebas pajak sehingga bagian terbesar
gaji pramugari ini adalah tetap dapat mereka simpan. Beberapa airline
bervariasi dalam bagaimana diem per pramugari dibayarkan.
Senioritas
Untuk serikat pramugari,
senioritas memainkan peran besar dalam menentukan akses ke rute premium. Karena
senioritas dihitung dari tanggal kapan mulai bekerja, pramugari dipekerjakan
pada tahun 1995, akan memiliki lebih banyak pilihan dalam hal jadwal terbang
mereka daripada seorang pramugari dipekerjakan pada tahun 2008.
Dalam lingkungan berbasis senioritas,
seorang pramugari junior memiliki akses kurang ke penerbangan berkualitas
tinggi dan gaji besar yang dipegang oleh pramugari lebih senior. Sedangkan
pramugari junior mungkin memiliki pilihan terbatas untuk terbang pada rute
dengan upah yang lebih rendah, pramugari senior dapat memilih jadwal terbang
dengan per diem yang lebih banyak.
Pesawat Badan Lebar vs Badan Sempit
Beberapa penerbangan juga
memiliki perhitungan standar gaji pramugari pramugara yang berbeda tergantung
pada ukuran pesawat. Hal ini terutama berlaku untuk Purser (juga dikenal
sebagai manager awak kabin).
Sebuah Purser pada B777-200 yang
biasanya dibayar lebih dari Purser pada Embraer 175 atau Airbus 319. Mengelola
14 awak kabin (cabin crew) vs awak satu atau dua menuntut lebih banyak tenaga
dan sebagian airlines memberikan kompensasi purser mereka untuk pekerjaan
tambahan yang mereka lakukan pada pesawat tersebut.
Gaji Pramugari Pramugara vs Gaji Purser
Banyak pramugari akhirnya
menjadi Purser untuk meningkatkan gaji mereka dan untuk menerima tantangan dan
tanggung jawab baru. pramugari junior hampir dapat melipatgandakan gaji mereka
dengan menjadi Purser. Beberapa penerbangan memerlukan pramugari untuk memiliki
pengalaman kerja minimal satu tahun atau lebih untuk menjadi purser. Selain
upah tersebut, Purser juga dibayar per Diem, uang bonus malam dan pendapatan
lain yang pramugari akan berhak dapatkan.
Bahasa
Apakah Anda ‘parli italiano?’
Atau ‘sprechen sie deutsch? “Jika demikian Anda memiliki keuntungan yang pasti
dalam industri penerbangan. Pramugari dipekerjakan untuk keterampilan bahasa
mereka biasanya ditempatkan pada rute luar negeri yang menguntungkan untuk
melakukan announcement bahasa dan berkomunikasi dengan penumpang dalam bahasa
asli mereka.
Sampai pada tingkat, pramugari
dipekerjakan untuk kemampuan bahasa mereka mampu mengalahkan sistem senioritas.
Sebuah junior, Flight Attendant berbahasa Jepang memiliki kesempatan yang lebih
baik untuk diberikan rute penerbangan ke Tokyo daripada seorang pramugari
junior yang hanya menguasai satu bahasa.
Di antara pramugari berbahasa
Jepang, yang dapat berbicara Jepang paling senior akan memiliki kesempatan
pertama pada penerbangan Jepang.
Jika Anda mempertimbangkan karir
di industri ini, terbayar untuk mengetahui bahasa lain. Beberapa maskapai
penerbangan menawarkan uang bonus jika Anda dapat menunjukkan kefasihan.
Lakukan riset dan mengetahui
tujuan kemana maskapai terbang ke dan belajar bahasa kedua atau ketiga. Semakin
banyak bahasa yang Anda tahu, kemungkinan Anda lebih besar dipekerjakan dan
gaji Anda lebih besar.
Penerbangan Jarak Jauh vs Jarak Pendek
Sebagai aturan, penerbangan
jarak pendek yang cepat memiliki lebih sedikit uang saku atau biaya daripada
jarak jauh. Pada satu hari, perjalanan kembali dari New York ke Kingston, Jamaika,
jika makanan Anda diberikan di pesawat, Anda tidak akan berhak atas uang makan.
Pramugari yang hemat telah belajar bagaimana untuk menyimpan uang tambahan
dengan mengemas makan siang atau makan malam ketika berhak mendapatkan per
diem.
Domestik vs Internasional
Bekerja untuk sebuah maskapai
penerbangan domestik Indonesia vs maskapai penerbangan internasional juga akan
berdampak upah dan kondisi lingkungan kerja. Perhitungan gaji di domestik lebih
rendah dari gaji pramugari di maskapai penerbangan internasional. Tidak perlu
dijelaskan kembali pramugari mungkin tidak terlalu jet-lag sebagaimana rekan
mereka yang melakukan penerbangan ke luar negeri.
Shift ekstra / Drafting
Dalam bulan tertentu, pramugari
biasanya akan bekerja antara 75 dan 85 jam hingga maksimal sekitar 100 jam.
Faktor-faktor seperti cuaca, pramugari yang dipanggil sakit atau pramugari
telah lebih dari batasan jam kerja maksimum bulanan mereka adalah di antara
beberapa alasan mengapa maskapai penerbangan perlu pramugari untuk menutupi shift
ekstra. Dikenal sebagai ‘drafting,’. Pada akhir bulan ketika sebagian pramugari
sudah habis waktu pada jadwal mereka, lebih mudah untuk mengambil shift ekstra.
Meskipun banyak pramugari junior memiliki pekerjaan kedua untuk memenuhi
kebutuhan, selalu ada kesempatan untuk melakukan terbang ekstra terutama pada
akhir bulan.
Liburan dan Manfaat
Diskon lebih untuk perjalanan
udara, hotel, sewa mobil, dan penerbangan hanya beberapa keistimewaan yang
dapat Anda harapkan dengan bekerja di maskapai penerbangan. Jika Anda menikmati
banyak waktu off, pramugari bisa bekerja satu, dua, atau tiga hari seminggu. Jika Anda
ingin memampatkan jam kerja Anda, dengan bekerja enam atau tujuh hari
berturut-turut Anda bisa mendapatkan lebih banyak waktu off dalam setiap bulan.
Jadwal kerja yang fleksibel dan
sebagian pramugari menggunakan sistem penawaran komputerisasi untuk memilih
hari libur mereka, rute disukai, uang saku disukai dan bahkan rekan yang mereka
inginkan atau tidak ingin untuk bekerja bersama.
Untuk meletakkannya dalam
perspektif, dibandingkan dengan tipikal kerja 40 jam seminggu, kebanyakan
pramugari bekerja enam bulan dalam setahun! Menjadi pramugari menyisakan banyak
waktu untuk kegiatan lain.
Lokasi, lokasi, lokasi
Pramugari bisa bolak-balik ke
home base mereka. Jika Anda seorang Flight Attendant yang berbasis di Seattle,
Anda dapat memilih untuk tinggal di New York, Los Angeles atau Vancouver dan
menggunakan pass maskapai untuk terbang ke tempat kerja.
Banyak pramugari memanfaatkan
fasilitas ini hidup di iklim hangat, untuk lebih dekat dengan keluarga mereka
atau untuk mengambil keuntungan dari nilai perumahan yang lebih baik di
kota-kota lain.
Baju Seragam Pramugari
Seragam pramugari dapat menjadi
berkah. Selain mungkin memberi Anda perhatian kedua dari orang asing yang
tampan, pramugari junior sudah pasti mengenakan busana seragam mereka akan menghemat
bundel pada biaya pakaian.
Menjadi Pramugara?Pramugari Memang Sangat
Menyenangkan.Salah Satunya Dapat Keliling Di Indonesia Maupun Luar Negeri..Nah
Kalau Kalian Ingin Menjadi Pramugari/Pramugara Yuk Daftar Di Tadika Puri .
Silahkan Daftarkan Diri Anda Sekarang http://abcmanado.site123.me/ Atau
Hubungi Andi
Suciani LaLa WA : 082311978112 Email : sucianilala.andi@gmail.com
salam sukses dari kami TADIKA PURI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar