cara
bekerja menjadi staff airline di Bandara aka staff Pasasi
Tugas Ground handling adalah menangani penumpang, bagasi,
cargo dan pos di bandara (Airport) dimulai dari proses embarkasi(departure)
hingga proses disembarkasi(arrival).
UNIT-UNIT
GROUND HANDLING :
A. Pasasi
-Check in Counter
-Boarding Gate
-Transfer Desk
-Services
-Greeting
B. Bagage handling
-Bagage Checker
-Loading Master
-Lost&Found
E. CRO
C. Ramp Dispatcher
D. Cargo Handling
E. Operation
F. Catering
G. Security
informasi diatas mungkin sedikit out of topic, tapi kalian jg
harus tau juga mengenai unit unit groundhandling yang ada di bandara.
A. PASASI
Pasasi adalah bagian dari ground handling yang menangani
penumpang dimulai dari proses check in hingga penumpang naik ke
pesawat(Aircraft),dan menangani proses penumpang transit.
— Check
in Counter —
Check in Counter adalah tempat melapor nya penumpang yang
ingin menggunakan jasa penerbangan.
1. Persiapan-persiapan petugas Check in Counter adalah :
– Perhatikan Performance diri
– Mengecheck display pada billboard, apakah sudah sesuai
dengan penerbangan yang akan kita incharge.
– Menyiapkan label bagasi,limited release, surat pernyataan
& boarding pass
– Check in counter dibuka 2 jam sebelum waktu keberangkatan
dan ditutup 30 menit sebelum keberangkatan.
2. Tugas-tugas pokok Check in Counter :
-Mengecek Validity tiket, tanggal penerbangan, rute
penerbangan & Class.
-Mencocokkan dokumen penumpang seperti KTP, PASPORT atau SIM
yang akan di cocokkan dengan
tiket.
– Mengecek bagasi serta memastikan label serta tujuan
penumpang sesuai, menimbang bagasi, dan menempelkan label bagasi serta
memberikan claim tag kepada penumpang
– Menangani excess baggage.
– Menentukan sheet number penumpang serta menerbitkan boarding
pass.
– Menangani Penumpang GO SHOW
– Berkomunikasi & berkoordinasi dengan unit lain.
—
Boarding Gate —
Petugas boarding gate pada dasarnya bertugas melayani
penumpang selama berada di boarding lounge. Tugasnya antara lain ;
– Memeriksa dan
memastikan kesesuaian identitas penumpang antara identitas ktp / passport
dengan identitas di boarding pass dengan tujuan tidak adanya kekeliruan atau
kesalahan data pada penumpang.
– Memeriksa
boarding pass penumpang untuk melihat rute dan registrasi pesawat serta jam
penerbangan dan ruang tunggu agar tidak terjadi kesalahan dalam memasuki ruang
tunggu ( boarding gate )
– Apabila pada
saat pesawat sudah mau boarding/naik kepesawat , tetapi penumpang boarding
tidak sesuai atau masih ada kekurangan, maka petugas boarding gate harus melakukan
pemberitahuan nama kepada penumpang serta melakukan panggilan terakhir ( last
minute called ) kepada penumpang yang bersangkutan, agar segera menuju pesawat.
melakukan koordinasi kepada koridor mengenai kekurangan
penumpang
menyiapkan dokumen/manifest penerbangan
– Terakhir petugas
boarding gate menyerahkan flight document pada awak kabin.
pertama , mungkin anda akan bingung untuk memulai dari mana
agar bisa bekerja menjadi staff pasasi dibandara. Sebelum kamu nentuin kamu
pengen sekolah dimana , Pertama , kamu
harus punya tekat yang kuat untuk bekerja menjadi pasasi . karena pekerjaan
yang bakal kamu hadapi adalah pekerjaan yang harus berdedikasi tinggi untuk
melayani pelanggan dengan hati iklas serta menuntut kamu harus selalu sempurna
( dalam arti sempurna performa serta sempurna pelayanan nya walau hati lagi
galaaau 😀 .
Saat ini, banyak sekali sekolah berbasis penerbangan
diindonesia , tapi kalau kamu pengen jadi pasasi sebenrnya jatuhnya bukan
kuliah yang formal tapi informal , semacam kursus gitu kurang lebih setengah
tahun atau kadang setahun . Biaya yang bakal kamu keluarkan mungkin ga bakal
sedikit . jadi kalo km dah dr SMA , trus minat banget pengen jadi pasasi km
harus nabung dulu dicelengan , kan lumayan setelah lulus bisa dibongkar .
hehehe
Kalo kamu udah ngincer salah satu sekolah penerbangan lebih
baik kamu lihat secara detail tentang legalitas serta alumninya banyak yg
dibantu disalurkan atau enggak . Jangan sampai setelah lulus kamu ga dibantu
apa apa, dibantu itu bukan masukin kamu untuk bekerja yaa , tapi dibantu
tentang lowongan atau info pekerjaan .Karna sejatinya , kamu dapat kerja atau
enggak itu adalah faktor LUCK dari dalam diri km sndiri . Jadi km jangan ngomel
ngomel sama sekolahannya , siapa tahu kamu nya yang ga punya bakat jadi pasasi
. Diinterview dieem aja , diinterview malah kagetan . heheheh itu mah salah km
sendiri . Iyakan??
okay ,, kembali ke pokok masalah .. sekarang ini misalnya kamu
dah sekolah di sekolah penebangan pilihan kamu . Biasanya masa pendidikan itu 6bln
trus kamu bakal OJT sekitar 2bln.Setelah OJT km berlangsung biasanya dari
sekolah atau kadang inisiatif kamu sendiri kamu bikin lamaran pekerjaan .
Pastinya kamu nglamar yang gag jauh jauh dari passion kamu sebagai frontliner
kan ? atau coba aja kesempatan nglamar jadi pramugari/a . Disana kamu harus
banyak nanya, nanya apapun ketemen kamu atau ke senior yang ada disana tentang
pekerjaan kamu atau tentang peluang bekerja , sehingga kamu gag perlu nunggu
OJT KELAR baru nglamar .
kamu nglamar di Groundhandling yang ada diindonesia tentunya ,
kalo di CGK ada PT.Gapura Angkasa(Lt.2 Bandara International Soekarno-Hatta)
serta PT.JAS(gedung Soewarna) . setelah kamu nyerahin lamaran , sabar yaa ..
jangan patah semangat nunggu panggilan . cari kerjaan susyaah bro . makanya
bkin lamaran jngan cm satu
Semoga Bermanfaat Guys...
Mau Tau Info Tentang Tadika Puri..Hubungi Andi Suciani LaLa WA : 082311978112
Email : sucianilala.andi@gmail.com
Atau Kunjungi Link Web Kami Di :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar