(Tips Berhasil
Tes Wawancara)
Interview? Semua pasti
sudah tahu apa dan bagaimana pelaksanaannya. Hanya saja cara agar mudah
diterima saat interview ini yang mungkin banyak yang belum tau, apalagi yang
baru lulus kuliah dan baru mau coba-coba cari kerja. Karenanya tips biar bisa
lolos wawancara kerja ini penting sekali diketahui buat yang belum diterima
bekerja di perusahaan mana pun atau mungkin yang sudah bekerja dan mau mencoba
kesempatan di perusahaan lain.
Perlu dicamkan bahwa
untuk berhasil dibutuhkan kerja keras, termasuk untuk bisa diterima bekerja di
suatu perusahaan maka kita juga harus tau banyak soal tips menjalani interview
yang baik dan benar. Kalau perlu pelajari sedetail mungkin segala ilmu
menyangkut ini karena jika berhasil dampaknya juga bisa kita rasakan dalam
jangka waktu lama, apalagi jika diterima di perusahaan BUMN yang gaji per
bulannya lumayan tinggi. Dan mungkin juga, bisa jadi dari sinilah nasib dan
perekonomian keluargamu bisa berubah.
Mungkin ada di antara Anda yang belum tahu soal kisah dari
CEO bank BCA yang konon sebelumnya hanya salah seorang Cleaning Service
di bank swasta terbesar tersebut. Bayangkan, dari CS jadi CEO, gak disangka
kan? Ini karena buah dari keberhasilan ia melewati tahap paling awal, yaitu
interview atau wawancara. Anda juga pasti bisa melakukannya jika mau berusaha
keras.
Tips / Cara
Agar Mudah Lolos Interview Kerja / Tes Wawancara Kerja
Beberapa tips interview :
1. Perlihatkan
kalau kamu memiliki PD (Percaya Diri) yang tinggi
Untuk sekarang ini kemampuan seperti ini yang paling
diutamakan oleh perusahaan terutama yang nantinya bidangnya akan bersinggungan
dengan banyak orang, seperti marketing, teller, costumer service, public
relation, karyawan STAN, Hotel, administrasi dan sebagainya. Jika satu
modal ini tidak dimiliki maka besar kemungkinan bahwa anda akan sulit lolos
tahapan tes masuk kerja interview ini.
Percaya diri dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk
tujuan agar komunikasi dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar tapi
juga mengenai kemampuan menyelesaikan setiap tugas kerja yang dibebankan pada
si karyawan, semkan PD maka akan semakin merasa bisa menuntaskan semua tugas
yang diberikan, dan bahkan seseorang dengan karakter demikian jauh lebih cepat
mempelajari hal-hal baru yang mana inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam
menjalankan bisnisnya. Sebaliknya, jika seseorang kurang percaya diri maka ia
akan sulit melakukan komunikasi dengan orang lain dan tentunya akan banyak
pekerjaan yang terbengkalai karenanya. Belum lagi soal deadline dan
target yang dibebankan, bila ia kurang memiliki ‘self confidence’ yang
baik sudah pasti dia akan selalu pesimis dalam segala hal dan kemungkinan yang
ia hadapi.
2. Mau
lolos interview? Jangan pernah memberi jawaban ‘Tidak!’
Sering kali saat kita mengikuti tes interview maka si penguji
akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang kita miliki, misalnya saja
ditanya, “Bisa komputer?” atau “Bisa menggunakan program komputer seperti
Photoshop, Powerpoint dan sebagainya?”. Nah kalau kamu mendapat pertanyaan
interview seperti ini maka pastikan untuk tidak menjawab ‘tidak’, karena
sekali kamu menjawab demikian maka si penguji tadi sudah bisa memberi penilaian
terhadap kemampuanmu dan bahkan bisa jadi ia sudah bisa memutuskan dalam hati
bahwa kamu tidak layak diterima kerja, dan juga sudah pasti selanjutnya tidak
akan adalagi panggilan untuk proses melamar kerja berikutnya (seperti nego gaji
per bulan dll) karena kamu sudah dianggap gugur. ini adalah poin penting soal
cara agar mudah diterima intervie karena sekarang ini hampir semua dunia kerja
mensyaratkan kemampuan menggunakan berbagai program dalam komputer untuk
memudahkan ketika ada tugas yang berkaitan dengannya, misalnya desain grafis, membuat slide presentasi dan sebagainya.
Lalu bagaimana solusinya jika memang tidak tahu sama sekali,
apakah harus bohong? Jadi begini, jika anda memang tidak melamar untuk tujuan
menjadi designer grafis, maka ini bisa dilakukan. Caranya adalah cukup katakan
‘bisa’ dan urusan selanjutnya adalah tinggal kamu mati-matian belajar dari
buku, apalagi cuma mau belajar program seperti photoshop dan power point kan
hanya butuh 1 hingga 2 minggu saja untuk bisa paham penggunaannya, selanjutnya
belajar sambil jalan saja saat sudah resmi jadi karyawan. Karena begini sob,
umumnya setelah dinyatakan lulus kamu akan ditanya kapan bisa mulai kerja, nah
disitulah kesempatan kamu untuk memberi alasan bahwa sekitar 2 minggu atau 1
bulan lagi baru bisa mulai karena alasan ada urusan yang harus dituntanskan
dulu. Selain itu, syarat kemampuan menggunakan desain grafis bukan syarat
mutlak dan itu pun baru digunakan kalau diperlukan. Sama halnya dengan bahasa
Inggris, saat ini juga banyak perusahaan yang mensyaratkan harus bisa
minimal passive, padahal saat bekerja terkadang tidak diperlukan sama sekali.
Masuk akal kan?
Selain keterampilan yang disebutkan di atas, ada satu lagi
yang juga dibutuhkan jika ingin masuk ke perusahaan media penerbitan atau pun situs
berita online, Ini diperlukan sekali karena menyangkut soal kecepatan kerja karyawan dalam
menjalankan tugas setiap harinya.
3. Jawablah
sesuai pertanyaan yang diberikan
Pada masalah ini banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu
bahwa sebenarnya orang yang menjawab bertele-tele malah akan mendapat penilaian
buruk dari penguji, atau Kabag. HRD yang biasanya melakukan tugas perekrutan
karyawan baru. Di antara efeknya adalah akan dinaggap tidak tegas dan ‘jago
‘ngeles’. Untuk itu, sebaiknya jawab saja seadanya kalau memang mau lolos
interview dengan mudah dan bisa mendapatkan pekerjaan dengan gampang. Jika
seandainya hanya jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ yang diminta maka jawab saja seperti
itu, tidak usah malah panjang lebar yang membuat kamu sulit sendiri. Keculia
jika memang diminta langsung dari HRD-nya, maka barulah kamu jawab dengan
lengkap dan detail. Misalnya saja, apakah kamu pernah bekerja di tempat lain?
Maka jawab saja ‘Iya’ jika memang benar demikian, dan baru ditambah penjelasan
jika ada pertanyaan selanjutnya.
4. Berikan
alasan keluar kerja dari perusahaan sebelumnya yang sifatnya ‘positif’
Ini juga penting sekali dilakukan, jika anda memang baru
‘resign’ dari perushaan lain maka sedapat mungkin berikan alasan yang tidak
membuat penilaian yang negatif dari penguji, misalnya keluar kerja karena
alasan pindah tempat dan karena jauh jadi harus keluar, karena perusahaan
sebelumnya tutup atau selainnya, yang penting tidak menimbulkan penilain
negatif pada kepribadianmu.
Adapun jawaban yang tidak baik, misalnya keluar kerja karena
sudah malas bekerja di tempat tersebut, karena melakukan kesalahan yang tidak
dapat diterima sehingga harus dikeluarkan tanpa hormat dan lainnya yang jika
disampaikan kepada orang lain maka kamu akan dinilai memiliki sifat yang buruk.
5. Apa Motivasi kamu Bekerja?
Kalau ditanya soal motivasi kerja maka berilah jawaban yang
sesuai dengan bidang yang kamu lamar, maka bilang saja kalau kamu hobi menulis dan senang dengan
pekerjaan tersebut. Jangan sampai memberi alasan buruk, misalnya karena
terpaksa jadi melamar diperusahan bapak atau apalah… yang malah membuat kamu
dinilai sebagai calon karyawan yang buruk. Atau bisa juga dijawab yang sesuai
dengan visi dan misi perusahaan, misalnya saja karena yang ditempati melamar
adalah koperasi syariah yang berkomitmen ingin menghapus Riba, maka beri saja
alasan saat kamu interview bahwa saya senang bekerja di tempat tersebut karena
dapat membantu banyak masyarakat muslim terhindar dari praktek Riba dan
sebagainya.
6. Saat tawar menawar gaji berikanlah
jawaban yang normatif
Normatif maksudnya adalah bahwa jawaban yang kamu berikan
tidak secara spesifik menjawab pertanyaan dari kepala bagian kepegawaian yang
biasanya jadi juru seleksi. Jadi misalnya ditanya “berapa gaji yang kamu
inginkan?” maka cukup bilang “sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah
saja!” Tidak usah berikan jawaban muluk-muluk.
Atau misalnya sudah punya pengalaman bekerja sebelumnya maka
cukup katakan kalau “mungkin bisa lebih tinggi dari UMR karena sebelumnya sudah
pernah bekerja di bidang yang sama dan sudah berpengalaman mengenai bidang yang
dilamar”. Jangan sampai ngotot mau digaji sesuai jumlah yang kamu minta karena
sudah pasti dalam tips cara agar mudah lolos interview ini kamu akan dinyatakan
tidak layak jadi karyawan baru diperusahaan tersebut karena dianggap banyak
maunya dan suka nuntut.
Mengenai cara agar mudah lolos interview kerja di atas maka
pastikan kamu tidak mengabaikan soal ‘Jangan memberi jawaban ‘tidak bisa!’ dan
juga mengenai motivasi kamu bekerja untuk apa? karena ini akan sangat
menentukan layak tidaknya seorang pelamar diterima sebagai karyawan resmi.
Selain itu, selalu berdoa dan latihan sebelum hari-H-nya adalah salah satu
kunci penting jika ingin berhasil diterima kerja di perusahaan yang kamu lamar,
karena walau telah berusaha semaksimal mungkin tapi tidak disertai dengan Ridha
Allah maka bisa jadi semua usaha kita akan sia-sia saja. Dan terakhir, tetaplah
semangat walau nantinya kamu gagal, karena masih ada kesempatan di tempat lain
dan bisa jadi Tuhan telah menyediakan tempat yang lebih baik untukmu di
perusahaan lain. Semoga Bermanfaat
Salam Sukses Dari Kami Tadika Puri
Mau Tau Info Tentang Tadika Puri..Hubungi Andi Suciani LaLa WA : 082311978112
Email : sucianilala.andi@gmail.com
Atau Kunjungi Link Web Kami Di :
http://airlinesbusinesscareer.site123.me/ (Staff Airliness)
http://cruiselineandhotelschool.site123.me/ (Cruise Line And Hotel School)
http://sekolah-persiapan-menjadi-pilot.site123.me (Pilot School)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar